Pekerja yang bekerja dengan potensi bahaya cidera pada kaki akibat benda jatuh, benda bergulir, tertusuk benda tajam, benda panas, bahan korosi atau beracun harus menggunakan pelindung kaki atau sepatu keselamatan (Safety Shoes). Jika terdapat kemungkinan kaki terkena aliran listrik maka sepatu pelindung harus bersifat non-konduktif. Berikut adalah beberapa contoh kondisi kerja dimana pekerja harus menggunakan sepatu pelindung.

  • Jika terdapat benda-benda berat seperti pipa, barel, drum atau alat lain yang mungkin bergulir atau jatuh menimpa kaki pekerja.
  • Bekerja dengan benda tajam seperti paku atau benda runcing yang bisa mnusuk atau melukai kaki.
  • Paparan logam cair yang mungkin terpercik ke kaki.
  • Bekerja pada area panas dan permukaan basah atau licin.
  • Jika terdapat kemungkinan tersengat aliran listrik.

Sepatu keselamtan harus memenuhi standar yang ditetapkan, misalnya standar ANSI atau Standar Nasional Indonesia (SNI 0111: 2009). Standar yang banyak diambil oleh berbagai industri untuk keselamatan adalah standar ANSI Z41-1991. Semua sepatu keselamatan yang mengacu kepada standar ANSI memiliki pelindung ujung kaki dari tekanan dan benda jatuh. Ada beberapa jenis sepatu keselamatan tergantung dari bahaya yang dihadapi, oleh karena itu disarankan untuk berkonsultasi dengan pemasok sepatu keselamatan untuk memilih jenis yang tepat. Pemilihan sepatu pelindung meliputi pertimbangan berikut:

  • Legging untuk melindungi telapak kaki dari bahaya panas seperti logam cair atau percikan api las. Sepatu ini dilengkapi dengan sistem pengunci yang memungkinkan untuk menanggalkan legging dengan cepat.
  • Metatarsal Guards untuk melindungi daerah punggung kaki dari benturan dan tekanan. Biasanya terbuat dari alumunium, baja, serat atau plastic. Metatarsal Guards ini bisa diikatkan diluar sepatu.
  • Toe Guards diapasand diujung sepatu bagian dalam untuk melindungi jari kaki dari bahaya benturan dan tekanan. Toe Guards terbuat dari baja, aluminium atau plastic.
  • Kombinasi penjaga kaki dan tulang kering untuk melindungi kaki bagian bawah dan atas, dapat digunakan untuk melindungi kaki dari bahaya yang memungkin cidera pada kaki hingga tulang kering.
  • Sepatu keselamatan dengan pengaman jari dan sol tahan panas yang melindungi kaki terhadap permukaan panas seperti bekerja di atap, paving dan industry logam panas. Beberapa sepatu dilengkapi dengan sol logam yang dapat melindungi dari tusukan benda tajam, dan juga bisa dilengkapi dengan bahan non-konduktif untuk mencegah sengatan listrik.

Menurut SNI 0111: 2009 sepatu keselamatan dibagi menjadi lima tipe, yaitu:

Tipe A : adalah disain pendek ( a low shoe)

Tipe B : adalah disain pergelangan kaki ( angkle boot)

Tipe C : adalah disain setengah lutut (half – knee boot)

Tipe D : adalah disain setinggi lutut (keen – height boot)

Tipe E : adalah disain setinggi diatas lutut (high boot)

Tipe 1 : adalah tambahan tinggi sepatu sesuai panjang kaki pemakai

Safety Shoes

Safety Shoes

                     Gambar : Contoh bagian salah satu contoh sepatu pengaman (SNI 0111: 2009)

Keterangan:

  1. Kulit bagian atas sepatu
  2. Bagian depan
  3. Bagian samping
  4. Lidah
  5. Pelisir atas
  6. Tempat mata ayam
  7. Mata ayam
  8. Lapis
  9. Lapis busa
  10. Pengeras depan
  11. Tatakan
  12. Tali sepatu
  13. Garis tepi sepatu
  14. Pengeras belakang
  15. Sol luar
  16. Sol dalam
  17. Sol tengah
  18. Plat baj
  19. Kembangan sol
  20. Hak

Sepatu Keselamatan Khusus

  1. Sepatu      Listrik Konduktif

Sepatu ini memberikan perlindungan terhadap listrik statis. Pekerja yang bekerja di area eksplosif dan lokasi berbahya seperti fasilitas produksi yang menggunakan bahan mudah terbakar dan meledak harus menggunakan sepatu listrik konduktif untuk menghindari penumpukkan listrik statis pada tubuh yang dapat menghasilkan percikan dan menyebabkan ledakan atau kebakaran.

  1. Sepatu      Keselamatan untuk Bahaya Listrik

Sepatu ini bertujuan untuk melindungi pekerja dari bahaya listrik. Sepatu ini menggunakan toe yang non-konduktif. Sepatu ini dapat melindungi terhadap bahaya listrik sampai 600 volt dalam kondisi kering.

  1. Sepatu      Foundry

Sepatu ini untuk melindungi pekerja yang bekerja di area pengecoran logam, disamping melindungi dari panas yang sangat tinggi, sepatu ini juga melindungi kaki dari masuknya logam cair kedalam sepatu baik melalui lidah, mata ayam, atau bagian lainnya. Dan semua sepatu foundry memiliki built-in safety toes.

Perawatan Sepatu Keselamatan

Sama halnya dengan alat pelindung diri lainnya, sepatu keselamatan juga harus dijaga dan dirawat agar tahan lama dan tetap memberikan perlindungan maksimal. Sebelum digunakan sepatu harus diperiksa apakah terdapat kerusakan atau tidak, dan memastikan bagian bawah (telapak sepatu) tidak aus atau menipis, retak atau berlubang, sol terlepas dan lain-lain. Sepatu harus disimpan ditempat yang terlindungi dari panas dan hujan agar tidak cepat rusak, dan harus dibersihkan secara berkala. Untuk pembersihan atau pencucian sepatu sebaiknya dikonsultasikan dengan pemasok.

SAFETY SHOES PENGUIN ADALAH APD YANG BERKUALITAS TINGGI, LEBIH NYAMAN, LEBIH AMAN, LEBIH NYAMAN DAN LEBIH TAHAN LAMA

HUB: Tel: +6281280015279 | +6281294900809 | Pin BB : 21F51D12 | Email: info@ptindoprime.com

################################# SAFETY SHOES PENGUIN – SMART CHOICE ##############################